(pengertian pertama) Pendidikan merupakan upaya nyata untuk memfasilitasi individu lain, dalam mencapai kemandirian serta kematangan mentalnya sehingga dapat survive di dalam kompetisi kehidupannya.
(pengertian kedua)Pendidikan adalah pengaruh bimbingan dan arahan dari orang dewasa kepada orang lain, untuk menuju kearah kedewasaan, kemandirian serta kematangan mentalnya.
(pengertian ketiga)Pendidikan merupakan aktivitas untuk melayani orang lain dalam mengeksplorasi segenap potensi dirinya, sehingga terjadi proses perkembangan kemanusiaannya agar mampu berkompetisi di dalam lingkup kehidupannya (Insan Cerdas dan Kompetitif).
Dari beberapa pengertian tersebut bisa kita simpulkan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Sedangkan Pengajaran adalah proses belajar atau proses menuntut ilmu. Ada dosen, guru, ustadz yang mengajar atau menyampaikan ilmu kepada murid yang belajar. Hasilnya murid menjadi pandai, dan berilmu pengetahuan. Pengajaran bisa juga didefinisikan sebagai Aktivitas nyata mengajarkan (transfer knowledge) pengetahuan, teknologi dan ketrampilan serta meningkat kecerdasan dan pengendalian emosinya sehingga seseorang mampu survive di dalam kehidupannya.
Jadi jelas perbedaan antara pendidikan dan pengajaran. Pengajaran hanyalah sebatas penyampaian atau mentransfer ilmu pengetahuan pada pihak kedua atau dalam konteks ini adalah siswa. Sedangkan pendidikan tidak hanya dalam ilmu pengetahuan saja melainkan juga penerapan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam kehidupan agar pihak kedua atau siswa lebih bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya serta mencapai kedewasaan.
Agar kita bisa lebih jelas dalam membedakan pendidikan dan pengajaran, kita lihat dua kasus dibawah ini :
1.Di salah satu Sekolah dasar, seorang guru menyampaikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Fokus pelajaran pada hari itu adalah tentang Hewan Vertebratae. Guru tersebut menyampaikan materi dengan alat bantu gambar-gambar hewan vertebratae. Kemudian siswa dipersilakan bertanya tentang apa yang kurang dipahaminya pada materi tersebut.
2.Seorang siswa Sekolah Dasar duduk di atas meja, kebetulan hal tersebut diketahui oleh gurunya. Kemudian sang guru mengingatkan siswa tersebut agar turun dari meja dan duduk di kursi yang telah disediakan. Karena pada hakekatnya meja bukanlah tempat duduk.
Dari kedua kasus tersebut bisa kita dapatkan bahawa pada kasus pertama merupakan contoh dari pengajaran dan kasus yang kedua adalah contoh dari pendidikan.
Sampai disini, semoga kita bisa membedakan apa itu pengajaran dan apa itu pendidikan. Semoga tidak sampai tertukar maknanya .^___^ (nury)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar